Keragaman artropoda sebagai musuh alami potensial untuk Stenocranus pacificus (Hemiptera: Delphacidae) pada tanaman jagung di Sumatera Barat

My, Syahrawati and Novri, Nelly and Hasmiandy, Hamid Keragaman artropoda sebagai musuh alami potensial untuk Stenocranus pacificus (Hemiptera: Delphacidae) pada tanaman jagung di Sumatera Barat. In: Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia, 9-10 September 2017, Bogor, Indonesia. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
My Syahrawati_BO25.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Stenocranus pacificus (Hemiptera: Delphacidae) adalah hama dominan yang menyerang tanaman jagung di Sumatera Barat saat ini, akan tetapi masih sedikit sekali laporan tentang pengendaliannya. Telah dilakukan penelitian awal untuk mengetahui keanekaragaman musuh alami pada pertanaman jagung, yang diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai musuh alami S. pacificus. Penelitian metode survei tersebut dilaksanakan pada bulan Agustus – Oktober 2016 di tiga kabupaten dengan ketinggian berbeda (Pasaman Barat, Lima Puluh Kota, dan Tanah Datar). Artropoda pada tanaman jagung dikoleksi menggunakan hand vacuum pada fase pertumbuhan berbeda (vegetatif dan generatif) kemudian hasil identifikasi diolah menggunakan software ecological methodology 7.2. Ditemukan sebanyak 15 famili artropoda predator dan 15 famili parasitoid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keanekaragaman musuh alami di Sumatera Barat berbeda pada setiap lokasi, yang tergolong rendah-tinggi. Keanekaragaman tertinggi ditemukan di Pasaman Barat, baik pada fase vegetatif maupun generatif, sedangkan kemerataan spesies tergolong rendah di semua lokasi (< 0,4). Famili terbanyak didominasi oleh Coccinellidae, dan individu terbanyak di dominasi oleh Formicidae.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: My Syahrawati
Date Deposited: 13 Aug 2018 08:50
Last Modified: 13 Aug 2018 08:50
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/11686

Actions (login required)

View Item View Item