Amrina, Elita and Putri, Nilda Tri and Kamil, Insannul (2015) Konsep Sustainability dalam Pendidikan dan Keilmuan Teknik Industri. In: Seminar Nasional Pengembangan Pendidikan Tinggi "Peningkatan Peran Pendidikan Tinggi dan Reformasi Kurikulum untuk Meningkatkan Daya Saing Lulusan dalam Konteks ASEAN maupun Global", 6-7 Agustus 2015, Padang.
|
Text (Konsep Sustainability dalam Pendidikan dan Keilmuan Teknik Industri)
PROSIDING4%20SNPPT%202015-1%60.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keilmuan teknik industri selalu berkembang mengikuti perubahan paradigma sistem manufaktur. Konsep sustainability yang menjadi isu global saat ini menuntut perubahan dalam struktur kurikulum pendidikan tinggi. Isu sustainability perlu diakomodasi ke dalam pengembangan kemampuan lulusan teknik industri melalui proses pendidikan. Makalah ini membahas tentang integrasi konsep sustainability kedalam pendidikan dan keilmuan teknik industri. Integrasi sustainability ke dalam kurikulum dapat dilakukan secara bertahap dimulai dari penambahan topik bahasan pada mata kuliah yang ada hingga penambahan mata kuliah baru terkait sustainability. Perubahan struktur kurikulum juga dapat dilakukan dari kurikulum berbasis institusional hingga kurikulum inti ditingkat nasional. Integrasi konsep sustainability dalam kurikulum diharapkan dapat meningkatkan daya saing keilmuan teknik industri.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | Administrator LPTIK |
Date Deposited: | 18 Mar 2016 07:30 |
Last Modified: | 18 Mar 2016 07:30 |
URI: | http://repo.unand.ac.id/id/eprint/108 |
Actions (login required)
View Item |