ANALISIS RELIABILITAS, RESILIENSI DAN VULNERABILITAS KEBUN SAWIT PLASMA DI BAWAH REZIM VARIABILITAS HARGA TANDAN BUAH SEGAR

Osmet, Osmet and Nofialdi, Nofialdi and Tanjung, Faidil (2017) ANALISIS RELIABILITAS, RESILIENSI DAN VULNERABILITAS KEBUN SAWIT PLASMA DI BAWAH REZIM VARIABILITAS HARGA TANDAN BUAH SEGAR. Project Report. Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang, Padang. (Unpublished)

[img]
Preview
Archive (laporan penelitian)
# Osmet FAPERTA RRV SAWIT.pdf - Other

Download (841kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengukur kekuatan kebun sawit rakyat yang termasuk bagian dari Plasma 1 PIR BUN OPHIR Pasaman Barat dalam menghadapi variabilitas harga tandan buah segar (TBS) dalam selang waktu 36 bulan (2010-2012). Kekuatan suatu kebun sawit diperlihatkan oleh harga indeks reliabilitas, resiliensi dan vulnerabilitas (RRV) kebun tersebut. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa secara keseluruhan, penilaian indeks reliabilitas, resiliensi, dan vulnerabilitas (RRV) perkebunan sawit plasma pada dua aras unit analisis memberikan gambaran bahwa sebagai unit agribisnis, Kebun Plasma 1 dan kebun-kebun kelompok sangat andal dalam memenuhi kebutuhan pembiayaan pemeliharan dan panen kebun. Semuanya bisa menghasilkan pendapatan yang cukup untuk mereproduksi kebun atau agribisnis itu sendiri. Namun demikian, tidak selalu dan tidak semua kebun bisa secara berkesinambungan mereproduksi kesejahteraan (pendapatan) petani pada aras normal dan beberapa kebun bahkan gagal beberapa bulan mereproduksi kesejahteraan minimal petani. Ini mengindikasikan bahwa keberlanjutan finansial kebun plasma sawit harus didukung dengan penghasilan dari sumber pendapatan lain, dan/atau manajemen pendapatan kebun yang baik, yang antisipatif terhadap penurunan harga. Berdasarkan penelitian ini bisa disarankan penelitian lanjutan dengan data seri waktu yang lebih panjang, dengan populasi yang lebih besar, dan dengan unit analisis pada aras petani.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Reliabilitas, resiliensi, vulnerabilitas, harga TBS, Sawit
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: osmet osmet
Date Deposited: 13 Aug 2018 15:37
Last Modified: 13 Aug 2018 15:37
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/10738

Actions (login required)

View Item View Item