PENGGUNAAN UKURAN FINANSIAL DAN NON FINANSIAL DALAM PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. PLN Persero Wilayah Sumbar Cabang Padang)

Febriana, Yulisa (2010) PENGGUNAAN UKURAN FINANSIAL DAN NON FINANSIAL DALAM PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. PLN Persero Wilayah Sumbar Cabang Padang). Other thesis, FAKULTAS EKONOMI.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN UKURAN FINANSIAL DAN NON FINANSIAL DALAM PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. PLN Persero Wilayah Sumbar Cabang Padang))
IMG.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ukuran finansial dan non finansial yang digunakan dalam melakukan penilaian kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran sebagai ukuran-ukuran kinerja perusahaan. Penelitian ini membandingkan antara ukuran- ukuran kinerja yang ada pada teori dengan yang digunakan pada perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran-ukuran kinerja yang digunakan PT PLN Persero Cabang Padang mencakup enam perspektif dengan masing-masing ukurannya yaitu perspektif bisnis internal dengan ukuran Susut distribusi, Demand Side Management dan Efficiency Drive Program; perspektif pelayanan pelanggan dengan ukuran SAIDI, SAIFI, kepuasan pelanggan serta kemitraan dan bina lingkungan; perspektif keuangan dengan ukuran Operating Ratio, Collection Period, Bad Debt Ratio, Inventory Turn over, Biaya pegawai/kwh jual dan Biaya adminstrasi/pendapatan penjualan; perspektif pembelajaran dengan ukuran Hari orang Pelatihan (HOP); perspektif administrasi dengan ukuran Laporan Perhitungan Tahunan, Laporan Rencana Kerja dan Anggaran perusahaan, Laporan Manajemen dan Laporan Penilaian Tingkat Kinerja; dan perspektif pengawasan dengan ukuran Temuan auditor internal dan atau eksternal. Ukuran- ukuran tersebut sudah memadai dalam menilai kinerja perusahaan, namun sebaiknya menambahkan ukuran inovasi dalam perspektif bisnis internal dan ukuran kepuasan pelanggan dalam perspektif pembelajaran. Kata Kunci: ukuran finansial, ukuran non finansial, kinerja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntasi
Depositing User: Operator Repo Unand
Date Deposited: 24 Mar 2016 02:47
Last Modified: 24 Mar 2016 02:47
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/1054

Actions (login required)

View Item View Item